image
  • Kategori: Pemerintahan
  • By Admin
  • 1
  • 17 Oct 2023

Hari Ke 2 Bintek Teknis Pembuatan Ekstrak dan Bumbu Rokok Oleh Disperindak dan UKM KLU

Lombok Utara - Sebagaimana di sampaikan pemateri dari Bappeda KLU Senin 16/10, melalui Kepala Seksi, Subianto, terkait perbedaan casing vs topping, Apa Perbedaannya..?

Subianto mengatakan istilah casing dan topping pada proses pengolahan tembakau, baik TIS, SKT, SKM, SPM, Pipe, maupun pada beberapa produk tembakau original yang beredar di pasar. Casing dan Top flavour merupakan larutan yang jauh berbeda, terutama polaritas-nya, walaupun kadang-kadang raw mat top flavour masuk dalam compound casing itu semata-mata strategi kreasi. Tetapi raw mat untuk Casing selalu tidak mungkin masuk dalam compound Top flavour. Ucapnya.

Sementara casing merupakan proses dasar, diaplikasikan pada tembakau untuk membantu menghaluskan rasa tembakau, menutup pori tembakau, menghilangkan aroma langu, serta berfungsi sebagai perasa dasar, melakukan perbaikan menyeluruh pada karakter dasar tembakau.

Bahan dasar cassing cendrung terasa manis dan netral, penggunaan gula pasir, gula merah, madu, Molasses, terkadang kita menemukan vanili, adas manis, cengkeh, licorice (akar manis) asli dan sejenisnya digunakan sebagai bahan baku dasar casing, dan alcohol FG, digunakan sebagai media penghantar, karena alcohol dapat menebus lebih dalam komponen tembakau, dan kemudian karena titik didih alchol lebih rendah, lebih mudah menguap dengan sangat cepat, dan memberikan daya simpan yang baik pada tembakau, tidak mudah berjamur.

Pada setiap produsen memiliki resep casing uniknya sendiri dan biasanya akan menerapkannya sebelum penyedap akhir. Topping sebaliknya lebih terbuka, pada proses ini fungsi topping menjadikan rasa lebih berasa, topping merupakan proses akhir dari pengolahan rasa tembakau.

Istilah Topping atau Top note, menurut pemateri mengacu pada rasa dan aroma paling atas atau menonjol, biasanya mengunakan bahan baku essensial, seperti coklat, kopi, rempah, buah dan raw esensial oil lainnya. Pada istilah tradisional pada pengolahan tembakau sering disebut aromatic tembakau.

Tobacco flavour terdiri atas dua bagian yang masing-masing berbeda peranannya terhadap rokok kretek yang dihasilkan. Kedua bagian tersebut adalah: Casing Flavour danTop Flavo Casing Flavour merupakan larutan compound dari berbagai macam raw mat yang terlarut dalam air, yang berperan memperbaiki, meningkatkan dan menyempurnakan cita-rasa blend tembakau.

Raw mat yang digunakan dalam membentuk casing umumnya berupa ekstrak, konsentrat, resinoid, dan bentuk lain yang larut dalam air.
Sementara pemateri berikutnya, Selasa (17/10/2023), Baiq Ema Bini Novelia, ST, jabatan Asesor Manajemen Mutu bidang perindustrian Diskoperindag KLU dan Murad, SP.,MP, Akademisi Universitas Mataram. (@ng)

Komentar

ZAP

Zaproxy dolore alias impedit expedita quisquam.

4 months ago

Komentar

isi data dibawah untuk komentar