image
  • Kategori: Pemerintahan
  • By Admin
  • 1
  • 13 Dec 2023

Pemda Lotara Raih Penghargaan Innovative Government Award 2023 dari Kemendagri

Penganugerahan IGA 2023 diterima langsung oleh Bupati Lombok Utara, H Djohan Syamsu, yang disaksikan oleh segenap undangan dan Mendagri, Tito Karnavian. Foto Ist/Jaharuddin.S.Sos
Jakarta (postkotantb.com) - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023 dari Kemendagri, Selasa (12/12/2023). Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menjelaskan, IGA merupakan penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.
Melalui penilaian dan penghargaan IGA ini, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah untuk terus melakukan inovasi daerah dalam meningkatkan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.
“Inovasi merupakan jantung untuk membuat perubahan, tidak ada komunitas negara bangsa masyarakat yang akan bisa melompat tanpa ada inovasi kreativitas dan terobosan-terobosan yang kreatif,” jelas Tito saat menyampaikan sambutan di depan para undangan dari berbagai daerah di Aula Gedung C Kemendagri di Jakarta.

Penganugerahan IGA 2023 diterima langsung oleh Bupati Lombok Utara, H Djohan Syamsu, yang disaksikan oleh segenap undangan dan Mendagri, Tito Karnavian.

Menurut Tito, untuk melakukan inovasi sangat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan internal. Tito Karnavian juga dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pemerintah daerah yang telah meraih penghargaan IGA 2023.

Pemda KLU meraih penghargaan kategori di mana kedua inovasi yakni untuk katagori non digital Jamban Murah Keluarga Sehat (Jamu Kuat) dan katagori digital yakni Administrasi Kependudukan Bagi Penyandang Disabilitas, (ODGJ), dan Lansia (Apdol) bersama dengan 87 provinsi dan kabupaten/kota lainnya.
Tito berharap, acara ini tidak hanya sekedar ritual tahunan pemberian penghargaan inovasi pemerintahan daerah apalagi dalam rangka mengangkat realisasi belanja.

“Inovasi merupakan jantung untuk membuat perubahan, tidak ada komunitas negara bangsa masyarakat yang akan bisa melompat tanpa ada inovasi kreativitas dan terobosan-terobosan yang kreatif,” jelasnya.

Bupati Lombok Utara, H Djohan Syamsu mengatakan, penganugerahan IGA 2023 merupakan penilaian yang cukup panjang tahapan-tahapannya. Melalui kesempatan ini, pemerintah pusat juga menyampaikan apresiasi terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif, jelas H Djohan Syamsu.
Melalui penilaian dan penghargaan IGA ini, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah, untuk terus melakukan inovasi daerah dalam meningkatkan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah. Pengumuman dan Penyerahan IGA kepada Bupati Lombok Utara disebutkan pada nomor urut petama oleh Kemendagri pada acara Penganugerahan IGA 2023.

Penganugerahan IGA 2023 katagori kedua inovasi yakni untuk katagori non digital Jamban Murah Keluarga Sehat (Jamu Kuat) dan katagori digital yakni Administrasi Kependudukan Bagi Penyandang Disabilitas, ODGJ, dan Lansia (Apdol) yang diperoleh pemerintah daerah Kabupaten Lombok Utara ini tidak lepas dari usaha dan kerja keras pemerintah daerah yang didukung sepenuhnya oleh seluruh lapisan masyarakat KLU, jelas H Djohan Syamsu. (@ng)

Komentar

ZAP

Zaproxy dolore alias impedit expedita quisquam.

4 months ago

Komentar

isi data dibawah untuk komentar